THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

jeudi 9 avril 2009

Hati?Hepatica?Liver?

Hati adalah kelenjar maupun organ terbesar dalam tubuh pada manusia terletak di bagian kanan atas rongga perut.Hati memiliki peran bagi proses metabolisme pada tubuh,yaitu berperan untuk sistem pencernaan maupun sistem ekskresi.
Fungsi hati adalah:
1. Sistem pencernaan yaitu hati mengemulsikan lemak (mengurai lemak dari yang berukuran besar menjadi butiran lemak yang berukuran lebih kecil).Hati menghasilkan empedu yang mengandung garam empedu untuk mengemulsikan lemak tersebut.
2. Sistem Ekskresi yaitu hati menghasilkan empedu (berupa cairan)secara terus menerus yang ditampung dalam kantung empedu.

Setiap hari,hati menghasilkan 800-1000mL.Kandungan yang terdapat pada empedu mengandung air,asam empedu,garam empedu,kolesterol,fosfolipid(lesitin) ,zat warna (pigmen) empedu (blirubin dan biliverdin) dan beberapa ion.
Empedu berasal dari penghancuran hemoglobin eritrosit yang udah tua.Hemoglobin yang ada dalam eritrosit diuraikan menjadi hemin (kristal),zat besi,dan globin.
- Didalam hati,akan disimpan zat besi dan globin lalu dikirim ke sumsum tulang merah untuk pembentukan antibodi atau hemoglobin baru.
- Hemin,akan dirombak menjadi bilirubin dan biliverdin yang merupakan zat pewarna bagi empedu dan terdapat warna hijau biru.
Zat warna tersebut didalam usus akan mengalami oksidasi menjadi urobilin sehingga warna feses dan urin menjadi kekuningan.
Empedu berfungsi untuk mencerna lemak dalam usus halus,mengubah zat yang tidak larut dalam air dan pembentukan urea.
Sel tubuh bisa saja terjadi kelebihan asam amino,maka asam amino tersebut akan mengalami deaminasi.Deminiasi adalah pemindahan gugus amin (_NH) dari asam amino,mengakibatkan terkumpulnya ammonia yang bersifat racun.
Hati dengan bantuan enzim arginase akan mengubah arginin (salah satu asam amino essensial)menjadi ornitin dan urea.Urea akan dibuang melalui ginjal,sedangkan ornitin akan mengikat amonia yang bersifat racun dan akan dikeluarkan ke dalam empedu dan urin.

0 commentaires: