THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

jeudi 9 avril 2009

Gangguan Ginjal dsb.

Gangguan


- Gagal ginjal dan Uremia

Gagal ginjal yang akut dapat menyebabkan gangguan pada fungsi bagian ginjal lainnya.

Gejala umum pada penderita biasanya tidak terjadi pembentukan urin yang disebut anuria,dan dapat menimbulkan uremia.Uremia adalah terbawanya urin ke dalam aliran darah disebabkan oleh adanya kebocoran pada salah satu saluran dalam nefron (unit fungsional dan structural terkecil pada ginjal).

Akibat :Penyerapan air oleh darah dapat terganggu ,sehingga terjadi penimbunan

air pada kaki dan timbul bengkak (edema),maupun paa tubuh yang lain.


- Nefritis

Penyakit ini disebabkan adanya peradangan pada bagian nefron di ginjal karena bakteri Streptococcus yang masuk melalui saluran pernafasan.

Nefritis kronis biasanya terjadi pada orang yang lanjut usia yang ditandai dengan tekanan darah tinggi,pengerasan pembuluh darah dalam ginjal dan rusaknya pada bagian ginjal,khususnya pada glomerolus (kumpulan kapiler) atau tubulus.

Akibat :Adanya peradangan,protein yang masuk bersama urin primer

(mengandung protein yang kadarnya kurang dari 0,03%)tidak dapat

disaring sehingga akan ikut keluar bersama urin.


- Albuminaria

Terdapatnya molekul albumin dan protein lain didalam urin (air seni).Albuminaria disebabkan terjadinya kerusakan pada alat filtrasi dalam ginjal sehingga protein dapat lolos pada proses filtrasi.


- Kencing Batu

Terbentuknya butiran-butiran dari senyawa kalsium dan penimbunan asam urat,sehingga membentuk CaCO3 (asam karbonat) pada ginjal atau saluran urin yang dapat menyebabkan kesulitan buang air kecil.Kencing batu dapat terjadi karena factor hormon yang dihasilkan kelenjar anak gondok paratiroid dan jika seseorang kurang minum atau serng menahan buang air kecil.


- Diabetes Melitus

Dapat disebut juga dengan kencing manis ,yaitu terdapat glukosa dalam urin penyebabnya adalah menurunnya hormon insulin (berfungsi mengatur kadar gula dalam darah) yang dihasilkan pankreas.

Menurunnya fungsi hormon insulin ini menyebabkan terganggunya proses perombakan glikogen menjadi glukosa dan reabsorpsi glukosa dalam glomerulus.


- Diabetes Inspidus

Suatu penyakit disebabkan kelenjar hipofisis gagal mensekresikan hormone antidiuretik,sehingga ekskresi urin meningkat.Dapat dilihat pada perbedaan volume urin.

Normal : 4 – 6 liter/hari

Tidak normal : 12 – 15 liter/hari

(tergantung pada jumlah air yang diminum)

Penderita cenderung mengalami dehidrasi dan dan pengeluaran elektrolit dari cairan tubuh,namun diimbangi dengan perasaan ingin minum dan ingin makan makanan yang lebih banyak mengandung garam.

Akibat : Ditimbulkan oleh tumor di hipotalamus atau hipofisis yang dapat

merusak bagian hipotalamus yang mengatur sekresi hormone antiiuretik.



- Asam Urat

Hasil perubahan amonia yang bersifat kurang larut dan kurang toksik.Asam urat dapat disimpan didalam sel,jaringan atau alat tubuh tanpa menimbulkan dampak negative seperti keracunan dan masalah osmoregulasi.Asam urat hanya memerlukan sedikit air untuk mengekskresikannya.

Akibat : Bila jumlah asam urat meningkat dalam jaringan,maka akan terjadi

endapan dan bentuk kristal.

0 commentaires: