THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

jeudi 9 avril 2009

Antibiotik??????

Antibiotik merupakan senyawa kimia yang dihasilkan suatu mikroorganisme,yang dapat membunuh mikroorganisme lain.Contohnya adalah seperti penisilin,yaitu antibiotik yang pertama dikembangkan dalam skala besar untuk melawan bakteri.Penisilin tersebut merupakan hasil produksi jamur (fungi).Perkembangan mengenai antibiotk terus berlanjut seperti antibiotik telah diekstrak dari berbagai sumber,seperti kulit katak dan butiran salju,dan ada pula yang disintesis (buatan).

Antibiotik dibedakan berdasarkan kefektifannya dan juga cara kerja antibiotik tersebut.

Antibiotik spektrum luas adalah antibiotik yang dapat membunuh berbagai jenis bakteri.

Antibiotik spektrum kecil adalah antibiotik yang efektif hanya terhadap sedikit jenis bakteri (digunakan untuk membunuh bakteri yang spesifik).

Syarat antibiotik haruslah memiliki sifat toksisitas spesifik (mampu mematikan atau menghambat pertumbuhan bakteri,tapi menyebabkan sedikit atau tidak ada kerusakan bagi jaringan tubuh).

Target kerja antibiotik adalah proses metabolisme sel seperti sintesis protein,yang memiliki sedikit perbedaan pada mikroorganisme dibandingkan pada sel manusia dan hewan lainnya.Antibiotik yang berbeda memiliki mekanisme aksi yang berbeda pula.

Contoh : - Antibiotik tetrasiklin bekerja dengan cara berikatan dengan ribosom bakteri

sehingga mencegah perlekatan RNA.

- Kloramfenikol bekerja dengan cara mencegah transfer asam amino ke ribosom

- eritromisin bekerja dengan cara berikatan dengan ribosom bakteri dan

mencegah terjadinya translasi

- penisilin bekerja dengan mencegah pembentukan struktur peptidoglikan yang

merupakan komponen penting bagi dinding sel bakteri sehingga dinding sel

akan melemah dan sel pecah.

Saat ini banyak bakteri yang sebenarnya mudah diberantas oleh anti biotik,menjadi kebal (resisten) karena terjadinya mutasi secara acak.

Contoh : Ada beberapa bakteri yang kebal terhadap penisilin karena memiliki kemampuan

untuk mensintesis penisilinase,enzim yang dapat memecah antibiotik penisilin.

Pemaparan berkali-kali terhadap antibiotik telah menyebabkan semakin banyak bakteri yang mampu bertahan hidup dan mewariskan gen-gen resisten kepada strain yang berbeda. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik yang terlalu sering dan tidak sesuai aturan perlu dihindari.

Mengurangi penggunaan antibiotik,berarti semakin sedikit bakteri yang terpapar antibiotik dan mengurangi kemungkinan munculnya strain resisten.

0 commentaires: